Rabu, 03 April 2013

A. Pengertian Manajemen

Istilah manajemen, terjemahannya dalam bahasa Indonesia hingga saat ini belum ada keseragaman.Selanjutnya, bila kita mempelajari literatur manajemen, maka akan ditemukan bahwa istilah manajemen mengandung tiga pengertian yaitu:
1. Manajemen sebagai suatu proses,
2.Manajemen sebagai kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen,
3.Manajemen sebagai suatu seni (Art) dan sebagai suatu ilmu pengetahuan (Science)
Menurut pengertian yang pertama, yakni manajemen sebagai suatu proses, berbeda-beda definisi yang diberikan oleh para ahli. Untuk memperlihatkan tata warna definisi manajemen menurut pengertianyang
pertama itu, dikemukakan tiga buah definisi.Dalam Encylopedia of the Social Sien ce dikatakan bahwa manajemen adalah suatu proses dengan mana pelaksanaan suatu tujuan tertentu diselenggarakan dan diawasi. Selanjutnya, Hilman mengatakan bahwa manajemen adalah fungsi untuk mencapai sesuatu melaluikegiatan orang lain dan mengawasi usaha-usaha individu untuk mencapai tujuan yang sama.Menurut pengertian yang kedua, manajemen adalah kolektivitas orang-orang yang melakukan aktivitasmanajemen. Jadi dengan kata lain, segenap orang-orang yang melakukan aktivitas manajemen dalamsuatu badan tertentu disebut manajemen.Menurut pengertian yang ketiga, manajemen adalah seni (Art) atau suatu ilmu pnegetahuan. Mengenaiinipun sesungguhnya belum ada keseragaman pendapat, segolongan mengatakan bahwa manajemenadalah seni dan segolongan yang lain mengatakan bahwa manajemen adalah ilmu. Sesungguhnya kedua pendapat itu sama mengandung kebenarannya.
Menurut G.R. Terry manajemen adalah suatu proses atau kerangka kerja, yang melibatkan bimbinganatau pengarahan suatu kelompok orang-orang kearah tujuan-tujuan organisasional atau maksud-maksudyang nyata. Manajemen juiga adalah suatu ilmu pengetahuan maupun seni. Seni adalah suatu pengetahuan bagaimana mencapai hasil yang diinginkan atau dalm kata lain seni adalah kecakapanyang diperoleh dari pengalaman, pengamatan dan pelajaran serta kemampuan untuk menggunakan pengetahuan manajemen.
Menurut Mary Parker Follet manajemen adalah suatu seni untuk melaksanakan suatu pekerjaan melalui orang lain. Definisi dari mary ini mengandung perhatian pada kenyataan bahwa para manajer mencapai suatu tujuan organisasi dengan cara mengatur orang-orang lain untuk melaksanakan apa sajayang pelu dalam pekerjaan itu, bukan dengan cara melaksanakan pekerjaan itu oleh dirinya sendiri.Itulah manajemen, tetapi menurut Stoner bukan hanya itu saja. Masih banyak lagi sehingga tak ada satudefinisi saja yang dapat diterima secara universal.
Menurut James A.F.Stoner, manajemen adalah suatu proses perencanaan, pengorganisasian, kepemimpinan, dan pengendalian upaya anggota organisasi danmenggunakan semua sumber daya organisasi untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan.
       Untuk memahami makna menejemen, kita butuh identifikasi dan penjelasan tentang elemen-elemem dalam definisi manajemen, yaitu : Proses, Optimasi, Fungsi-fungsi, Sumber, Lugas dan Tujuan.Proses. Proses adalah suatu serf ataau sekuensi sistematik dari tindakan yang dilakukan manajer yang secara definitif. Berkaitan dengan tujuan atau hasil yang ingin dicapai atau suatu cara sistematik untuk mengerjakan sesuatu.
Untuk memahami arti manajemen sebagai proses pencapaian tujuan secara efisien dan efektif perlu diketahui  :
1. WHAT , (apa yang diatur?)
            Yang diatur adalah semua unsure – unsure manajemen yang terdiri dari men, money, methods, material, machine dan market, disingkat dengan 6M dan semua aktifitas yang di timbulkannya dalam proses manajemen tersebut.
 2. WHY, (kenapa harus diatur?)
Agar 6M itu lebih berdaya guna, berhasil guna, terintegrasi, dan terkoordinasi dalam mencapai tujuan yang optimal.
 
3. WHEN, (kapan harus diatur?)
4. WHERE, (Dimana harus di atur?)
            Dalam suatu organisasi atau perusahaan, karena organisasI merupakan”alit” dan ”wadah” (tempat untuk mengatur 6 M dan semua aktivitas proses majemen dalam mencapai tujuannya. Tegasnya, pengaturan hanya dapat dilakukan didalam suatu organisasi ( wadah atau tempat ). Sebab dalam wadah ( organisasi) inilah tempat kerjasama prosesmanajemen, pembagian kerja. Delegation of Authority, koordinasi, dan integrasi dilakukan untuk mencapaian tujuan yang ingin dicapai. 
5. WHO, (Siapa yang diatur?)
            Yang mengatur adalah pemimpin dengan wewenang dengan kepemimpinannya melalui instruksi atauu persuasi, sehingga 6 M dan semua proses manajemen tertuju juga terarah kepada tujuan yan diinginkannya.
6. HOW.(Bagaimana mengaturnya?)
            Mengaturnya yaitu melalui proses dan urutan fungsi  - fungsi manajemen (perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengendalian = planning, Organizing, dircting, rued controling).

1 komentar :

  1. Makasih sob materi manajemen'a
    Kunjungi balik ya blog saya di
    Artikel Ekonomi

    mkasih sob
    mohon kritik dan saran'a ya

    BalasHapus

Loading...

Seputar Dunia Teknik Sipil

Goal.com News - Indonesia

mau download sofware terupdate dan gratis ? ne gw kasih dech :

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Total Tayangan Laman