Rabu, 03 April 2013

1. Fungsi-Fungsi Manajemen (Management Functions)


 Sampai saat ini, masih belum ada consensus baik di antara praktisi maupun di antara teoritis mengenai apa yang menjadi fungsi-fungsi manajemen, sering pula disebut unsur-unsur manajemen.
Berbagai pendapat mengenai fungsi-fungsi manajemen akan tampak jelas dengan dikemukakannya pendapat beberapa penulis sebagai berikut:
Louis A. Allen : Leading, Planning, Organizing, Controlling.Prajudi Atmosudirdjo : Planning, Organizing, Directing, atau Actuating and Controlling.John Robert B., Ph.D : Planning, Organizing, Command -ing, and Controlling.Henry Fayol : Planning, Organizing, Commanding, Coordinating, Controlling.Luther Gullich : Planning, Organizing, Staffing, Directing, Coordinating, Repor-ting, Budgeting.Koontz dan O’Donnel : Organizing, Staffing, Directing, Planning, Controlling.William H. Newman : Planning, Organizing, Assem-bling, Resources, Directing, Controlling.Dr. S.P. Siagian., M.P.A : Planning, Organizing, motivating and Controlling.William Spriegel : Planning, organizing, ControllingLyndak F. Urwick : Forecasting, Planning Orga-nizing, Commanding, Coordina-ting, Controlling.Dr. Winardi, S.E : Planning, Organizing, Coordi-nating, Actuating, Leading, Co-mmunication,ControllingThe Liang Gie : Planning, Decision making, Directing, Coordinating, Control-ling, Improving.James A.F.Stoner : Planning, Organizing, Leading, and Controlling.George R. Terry : Planning, Organizing, Staffing, Motivating, and Controlling.
Dari beberapa pendapat para penulis di atas dapat dikombinasikan, fungsi-fungsi utama manajemen adalah sebagai berikut :
a. Fungsi Perencanaan (Planning)
Berbagai batasan tentang planning dari yang sangat sederhana sampai dengan yang sangat rumit. Misalnya yang sederhana saja merumuskan bahwa perencanaan adalah penentuan serangkaian tindakan untuk mencapai suatu hasil yang di inginkan. Pembatasan yang terakhir merumuskan perencaan merupakan penetapan jawaban kepada enam pertanyaan berikut :
1.Tindakan apa yang harus dikerjakan ?
2.Apakah sebabnya tindakan itu harus dikerjakan ?
3.Di manakah tindakan itu harus dikerjakan ?
4.kapankah tindakan itu harus dikerjakan ?
5.Siapakah yang akan mengerjakan tindakan itu ?
6.Bagaimanakah caranya melaksanakan tindakan itu ?
Menurut Stoner  Planning adalah proses menetapkan sasaran dan tindakan yang perlu untuk mencapai sasaran tadi.
Pengertian lain tentang fungsi perencanaan ( Planning )  adalah berupa tindakan pengambilan keputusan yang mengandung data/informasi, asumsi maupun fakta kegiatan yang akan dipilih dan akan dilakukan pada masa yang akan datang, antara lain :
- menetapkan tujuan dan sasaran usaha
- memperkirakan

- menetapkan syarat dan dugaan tentang kinerja
- menetapkan rencana penyelesaian
- menetapkan kabijakan
- menyusun rencana induk jangka panjang dan jangka pendek

- mengembangkan strategi dan prosedur
- menyiapkan pendanaan dan prosedur operasi
b. Fungsi Pengorganisasian (Organizing)
Organizing (organisasi) adalah dua orang atau lebih yang bekerja sama dalam cara yang terstruktur untuk mencapai sasaran spesifik atau sejumlah sasaran. Fungsi Organizing dapat juga di artikan berupa tindakan-tindakan guna menyatakan kumpulan kegiatan manusia dengan jobs msing-masing, saling berhubungan dengan tata cara tertentu dan berinteraksi dengan lingkungannya dalam rangka tercapainya tujuan, tindakannya berupa :
- Mendiskripsikan pekerjaan dalam tugas pelaksanaan
- Menklasifikasikan pekerjaan operasional dalam kesatuan yang berhubungan
dapat dikelola
- Menetapkan syarat pekerjaan
- Mengkaji dan menempatkan individu pada pekerjaan yang tepat

- menetapkan daftar penugasan
- menyusun lingkup kegiatan

- menyesuaikan organisasi ditinjau dari sudut hasil pengendalian

- menyusun struktur organisasi

- menyusun daftar personil organisasi berikut lingkup tugasnya

c. Fungsi pelaksanaan (actuating)
Fungsi Pelaksanaan ( Actuating) adalah berupa tindakan untuk menyelaraskan seluruh anggota organisasi didalam kegiatan pelaksanaan, sehingga seluruh team dapat bekerja sama dalam pencapaian tujuan bersama. Tindakan tersebut adalah :
- mengkoordinasikan pelaksanaan kegiatan
- mendisribusikan tugas, wewenang dan tanggung-jawab

-memberikan pengarahan penugasan dan memotivasi.
Manfaat Fungsi Pelaksanaan ini adalah menciptakan keseimbangan tugas, hak dan kewajiban masing-masing anggota dalam organisasi dan             mendorong tercapainya efisiensi serta kebersamaan dalam bekerja sama untuk tujuan bersama.
 d. Fungsi pengendalian ( Controlling)
Fungsi Pengendalian ( Controlling) adalah berupa tindakan pengukuran kualitas penampilan, dan penganalisaan serta pengevaluasi performa yang diikuti dengan tindakan perbaikan yang harus diambil terhadp penyimpangan yang terjadi (diluar batas toleransi yang dijinkan), tindakan tersebut adalah :

- Menilai hasil dengan standar hasil pelaksanaan

- mengukur kualitas hasil
- membandingkan hasil terhadap standart kualitas
- mengevaluasi  penyimpangan yang terjadi
- memberikan saran-saran perbaikan
- menyusun laporan kegiatan
                Selain dari keempat fungsi utama manajemen yang telah di sebutkan di atas juga terdapat beberapa fungsi lain yang juga disebut fungsi pendukung atau fungsi tambahan manajemen, diantaranya yaitu :
a. Fungsi pemimpin (leading)
Pekerjaan leading meliputi lima kegiatan yaitu :
•Mengambil keputusan
•Mengadakan komunikasi agar ada saling pengertian antara manajer dan bawahan.
•Memeberi semangat, inspirasi, dan dorongan kepada bawahan supaya mereka bertindak.Memeilih orang-orang yang menjadi anggota kelompoknya, serta memperbaiki pengetahuandan sikap-sikap bawahan agar mereka terampil dalam usaha mencapai tujuan yang ditetapkan.
b. Directing/Commanding
Directing atau Commanding adalah fungsi manajemen yang berhubungan dengan usaha memberi bimbingan, saran, perintah-perintah atau instruksi kepada bawahan dalam melaksanakan tugas masing-masing, agar tugas dapat dilaksanakan dengan baik dan benar-benar tertuju pada tujuan yang telahditetapkan semula.
c. Motivating
Motivating atau pemotivasian kegiatan merupakan salah satu fungsi manajemen berupa pemberianinspirasi, semangat dan dorongan kepada bawahan, agar bawahan melakukan kegiatan secara suka relasesuai apa yang diinginkan oleh atasan.
d. Coordinating
Coordinating atau pengkoordinasian merupakan salah satu fungsi manajemen untuk melakukan berbagai kegiatan agar tidak terjadi kekacauan, percekcokan, kekosongan kegiatan, dengan jalanmenghubungkan, menyatukan dan menyelaraskan pekerjaan bawahan sehingga terdapat kerja samayang terarahdalam upaya mencapai tujuan organisasi.
e. Controlling
Controlling atau pengawasan, sering juga disebut pengendalian adalah salah satu fungsi manajemenyang berupa mengadakan penilaian, bila perlu mengadakan koreksi sehingga apa yang dilakukan bawahan dapat diarahkan ke jalan yang benar dengan maksud dengan tujuan yang telah digariskansemula.
h.Reporting
Reporting Adalah salah satu fungsi manajemen berupa penyampaian perkembangan atau hasil kegiatan atau pemberian keterangan mengenai segala hal yang bertalian dengan tugas dan fungsi-fungsi kepada pejabat yang lebih tinggi.
f. Staffing
Staffing merupakan salah satu fungsi manajemen berupa penyusunan personalia pada suatu organisasisejak dari merekrut tenaga kerja, pengembangannya sampai dengan usaha agar setiap tenaga memberidaya guna maksimal kepada organisasi.
g. Forecasting
Forecasting adalah meramalkan, memproyrksikan, atau mengadakan taksiran terhadap berbagaikemungkinan yang akan terjadi sebelum suatu rancana yang lebih pasti dapat dilakukan.
2. Prinsip manajemen
Prinsip-prinsip dalam manajemen bersifat lentur dalam arti bahwa perlu dipertimbangkan sesuai dengan kondisi-kondisi khusus dan situasi-situasi yang berubah. Menurut Henry Fayol, seorang pencetus teori manajemen yang berasal dari Perancis, prinsip-prinsip umum manajemen ini terdiri dari :
  1. Pembagian kerja (division of work)
  2. Wewenang dan tanggung jawab (authority and responsibility)
  3. Disiplin (discipline)
  4. Kesatuan perintah (unity of command)
  5. Kesatuan pengarahan (unity of direction)
  6. Mengutamakan kepentingan organisasi di atas kepentingan sendiri (subordination of individual interests to the general interests)
  7. Pembayaran upah yang adil (remuneration)
  8. Pemusatan (centralisation)
  9. Hirarki (hierarchy)
  10. Tata tertib (order)
  11. Keadilan (equity)
  12. Stabilitas kondisi karyawan (stability of tenure of personnel)
  13. Inisiatif (Inisiative)
  14. Semangat kesatuan (esprits de corps)
3. Manfaat Manajemen       
            Menejemen di butuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen, semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Ada tiga alasan utama di perlukannya manajemen.
1.      untuk mencapai tujuan. Menejemen di butuhkan untuk mencapai  tujuan organisasi dan pribadi.
2.      untuk menjaga keseimbangan di antara tujuan-tujuan yang saling  bertentangan. Menejemen di butuhkan untuk menjaga keseimbangan  antara  tujuan-tujuan, sasaran dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak-pihak dalam organisasi, seperti pamilik dan karyawan, maupun kreditur, pelanggan, konsumen, masyarakat dan pemerintah
3.      untuk mencapai efisiensi dan efektifitas. Suatu kerja organisasi dapat          diukur dengan banyak cara yang berbeda. Salah satu cara yang umum adalah efisiensi dan efektifitas

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

Loading...

Seputar Dunia Teknik Sipil

Goal.com News - Indonesia

mau download sofware terupdate dan gratis ? ne gw kasih dech :

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Total Tayangan Halaman