Senin, 02 April 2012

Ekonomi Teknik


Evaluasi Proyek

Proyek adalah keseluruhan kegiatan yang menggunakan sumber yang menghasilkan kemanfaatan (benefit). Dan dapat juga sebagai suatu aktifitas yang mengeluarkan uang dengan harapan dapat menghasilkan uang di waktu yang akan datang serta dapat direncanakan, dibiayai, dan dilaksanakan sebagai satu unit.
            Sedangkan evaluasi merupakan suatu proses penilaian terhadap suatu aktifitas (proyek) yang
didasarkan pada aspek-aspek tertentu sesuai kebutuhan. Ada beberapa aspek yang dapat dievaluasi dalam proyek diantaranya   :
1.      Aspek manajerial dan administratif
2.      Aspek organisasi
3.      Aspek komersial
4.      Aspek teknis
5.      Aspek financial
6.      Aspek ekonomis

Dalam pembahasan ekonomi teknik yang pada dasarnya adalah juga termasuk evaluasi proyek, maka yang paling banyak dibahas adalah  :
Aspek teknis adalah meliputi evaluasi tentang input dan output barang dan jasa yang akan diperlukan dan diproduksi oleh proyek.
Aspek financial adalah menyangkut terutama perbandingan uang dengan revenue earning, apakah proyek tersebut akan terjamin dana yang dikeluarkannya, apakah proyek tersebut mampu membayar kembali dan yang diinvestasikan dan apakah proyek itu akan berkembang sedemikian rupa sehingga secara financial dapat berdiri sendiri.
Aspek ekonomis adalah perlu mendapat perhatian apakah proyek itu akan memberi sumbangan atau mempunyai peranan positif dalam pembangunan ekonomi secara keseluruhan dan apakah peranannya itu cukup besar untuk men-“justify” penggunaan sumber-sumber yang langka.

Dalam analisis financial perlu diperhatikan “waktu didapatkannya pengembalian. Pemerintah dapat mengadakan investasi dalam suatu proyek yang menguntungkan dengan waktu 20 tahun, tetapi dalam waktu 5 tahun pertama belum memberikan hasil. Mungkin swasta tidak dapat diharapkan untuk menginvestasikab modalnya untuk proyek tersebut, karena dalam jangka waktu yang demikian ia akan keburu kehabisan modal.
Sedangkan dalam analisis ekonomi yang perlu diperhatikan adalah hasil total atau produktifitas, atau keuntungan yang didapat dari semua sumber yang digunakan dalam proyek untuk masyarakat atau untuk perekonomian secara keseluruhan, tanpa melihat siapa yang menyediakan sumber-sumber dan siapa yang menyiadakan sumber-sumber dan siapa dalam masyarakat yang menerima hasil dari proyek tersebut. Hasil itu disebut “the social returns” atau “the economic returns” dari proyek.



Ada beberapa unsur yang berbeda penilaiannya dalam kedua macam analisis tersebut, antara lain :
1.      Harga
Dalam analisis finansiala selalu dipakai harga pasar (market price) sedangkan dalam analisis ekonomis dipakai harga bayangan (shadow price)

2.      Pembayaran transfer
Pembayaran yang dimaksudkan adalah pembayaran pajak dan subsidi terhadap suatu proyek.
a.       Pajak
Dalam analisis ekonomi pembayaran pajak tidak dikurangkan dalam perhitungan benefit proyek. Pajaka adalah bagian dari hasil bersih yang diserahkan kepada pemerintah untuk digunakan bagi kepentingan masyarakat sebagai keseluruhan dank area itu tidak dianggap sebagai biaya.
b.      Subsisdi
Subsisi ini sesungguhnya adalah suatu transfer pembayaran dan masyarakat kepada proyek.
c.       Sedangkan dalam analisis ekonomis harga pasar harus disesuaikan untuk menghilangkan efek dari subsidi. Jika subsidi ini menurunkan harga barang-barang input, maka besarnya subsisdi harus ditambahkan pada harga pasar barang-barang tersebut.

3.      Bunga
Dalam analisi ekonomi bunga modal tidak dipisahkan atau dikurangkan dari hasil bruto, kecuali berlaku syarat-syarat yang ditentukan khusus. Sedangkan dalam analisis financial bunga yang dibayarkan kepada orang-ornag yang tidak terlibat dalam proyek dianggap sebagai biaya. Dan untuk pembayaran kembali hutang di luar proyek dikurangkan dari hasil bruto sebelum didapatkan arus benefit. Bunga atas modal proyek tidak dianggap sebagai biaya, karena bunga merupakan bagian dari “pengembalian financial” yang diterima oleh modal proyek.

1 komentar :

Loading...

Seputar Dunia Teknik Sipil

Goal.com News - Indonesia

mau download sofware terupdate dan gratis ? ne gw kasih dech :

Ada kesalahan di dalam gadget ini

Total Tayangan Laman